Sidang Paripurna Pemandangan Umum Fraksi

SIDANG PARIPURNA PEMANDANGAN UMUM FRAKSI

 

DPRD Kabupaten Badung menggelar rapat paripurna, Senin 11 Nopember 2019 di Ruang Utama Gosana, Gedung DPRD Badung. Agenda rapat adalah pembacaan Pemandangan Umum (PU) fraksi-fraksi. Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Wakil Ketua I Wayan Suyasa dan Made Sunarta.

Pemandangan Umum fraksi disampaikan terhadap enam ranperda, antara lain Ranperda tentang APBD Kabupaten Badung tahun 2020, Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kabupaten Badung Tahun 2016-2021, Ranperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pajak Parkir, Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 17 Tahun 2011 tentang Pajak Hiburan, Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 25 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, dan Ranperda tentang Penetapan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Badung.

Pemandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan yang dibacakan oleh Nyoman Dirga Yusa, mengapresiasi atas kerja keras Bupati dan jajarannya sehingga mampu meraih WTP lima kali berturut-turut, serta mengapresiasi Rancangan APBD Badung yang telah sepenuhnya berpihak pada kepentingan masyarakat.

Pemandangan Umum Fraksi Golkar yang dibacakan oleh Ni Ketut Suweni mengkritisi tingginya target yang dirancang dalam APBD 2020, sedangkan realisasi pendapatan belanja dan pembiayaan daerah tahun 2017 dan 2018 tidak mampu memenuhi target. Perlu adanya penyelarasan dengan RPJMD Provinsi Bali dan target yang ingin dicapai harus terukur dengan jelas, sehingga tidak ada lagi perubahan RPJMD di tahun mendatang.

Pemandangan Umum Fraksi Badung Gede yang dibacakan oleh I Made Wijaya, menilai target APBD 2020 terlalu tinggi sehingga akan sangat berat tercapai. Fraksi Badung Gede menyarankan target diturunkan agar lebih rasional dan realistis.

Putu Parwata menilai, masukan-masukan tersebut adalah sangat penting karena semua menginginkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat lebih cepat. Beliau berharap adanya kebersamaan pemerindah dan dewan dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Badung.