Pemandangan Umum Fraksi Demokrat

Kamis, 25 Oktober 2018 Fraksi Demokrat menyampaikan pemandangan umum yang dibacakan anggotanya I Made Retha. Fraksi Demokrat DPRD Badung beserta jajarannya karena secara maksimal berupaya meningkatkan pendapatan daerah di tengah-tengah ekonomi global yang sedang lesu. Hanya Fraksi yang beranggotakan 7 orang ini mengingatkan agar antara optimisme dan kondisi riil ekonomi saat ini agar benar-benar dikaji. Dengan begitu, target pendapatan daerah yang akan ditetapkan pada RAPBD TA 2019, rasional dan realistis serta benar-benar dapat direalisasikan pada tahun 2019.

Dalam RAPBD TA 2019, pendapatan daerah dirancang Rp 10,09 triliun atau meningkat 53,67 % dari APBD induk TA 2018. Fraksi Demokrat mengaku sangat menyadari bahwa tidaklah mudah untuk mencapai target yang ingin dicapai dalam APBD 2019, apabila tidak didasari oleh kesungguhan, ketulusan dan semangat bekerja keras.

Dalam meningkatkan pendapatan, pihaknya mengusulkan agar pemerintah lebih tegas lagi dan tanpa pandang bulu dalam menegakkan aturan berkaitan dengan pemungutan pajak. Pelaporan pajak juga harus transparan dan akuntabel guna menghindari kecemburuan sosial diantara wajib pajak.

Belajar dari pengalaman tahun 2018, yang mana pendapatan daerah belum tercapai sesuai target dan sehubungan dengan penyusunan APBD 2019, Demokratpun menyarankan agar dalam implementasi program/kegiatan lebih mengutamakan pada prioritas pembangunan masyarakat Badung, serta mempertimbangkan bantuan kepada instansi vertikal maupun bantuan kepada daerah/ kabupaten lain yang diluar kesepakatan.